SHARE
foto : kompas

primaradio.co.id – Bank Indonesia berencana mebagikan kartu pembayaran elektronik gratis kepada pengguna jalan tol ( e-toll) pada Senin (15/10/2017) pekan depan.

Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Pungky Purnomo Wibowo menjelaskan, pembagian kartu e-toll ini merupakan bagiand ari program yang dicanangkan Badan Usaha Jalan Tol ( BUJT) dan perbankan.

“BUJT ini di bawah supervisi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dan sistem pembayaran perbankan di bawah supervisi BI,” kata Pungky.

Dari perhitungan yang dilakukan BUJT dan Perbankan, jumlah e-toll yang dibagikan sekira 1,5 juta kartu. Kartu ini nantinya akan dibagikan secara cuma-cuma di setiap ruas tol sesuai dengan kebutuhan setiap ruas di seluruh Indonesia.

“Ini hanya gratis untuk kartu tol yang seharga Rp 20.000, dan hanya berlaku sampai 31 Oktober 2017,” imbuh Pungky.

Sementara itu, BUJT hanya membagikan kartu e-toll saja tanpa mengisi saldo. Artinya, penerima e-toll gratis tersebut yang harus mengisi saldonya. Pungky menambahkan, kartu e-toll gratis ini hanya dibagikan kepada pengemudi yang tidak punya e-toll. “Hanya satu kartu untuk satu mobil,” kata Pungky.

Sebagai informasi, lima bank yang saat ini mengeluarkan kartu pembayaran e-toll yaitu Bank Mandiri (e-Money), Bank Rakyat Indonesia (BRIZZI), Bank Negara Indonesia (TapCash), Bank Tabungan Negara (Blink), serta Bank Central Asia (Flazz). (*)

Sumber : Kompas