SHARE

primaradio.co.id – Sejak awal tahun 2016, pemerintah dihadapkan dengan persoalan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh industri dalam berbagai sektor. Pelemahan ekonomi global yang terjadi sepanjang 2015 telah menyebabkan berbagi perusahaan memutuskan untuk melakukan efisiensi dengan mengurangi jumlah tenaga kerja.

Menurut Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan bahwa saat ini Indonesia tengah terancam terjadinya capital outflow dalam waktu dekat. Sebab, dibandingkan dengan negara-negara tetangga, Indonesia belum menyepakati kerjasama perdagangan bebas dengan Uni Eropa dan Amerika Serikat. Akibatnya, pengusaha Indonesia tidak dapat leluasa melakukan ekspor tanpa adanya kerjasama ini.

Thomas juga menambahkan, saat ini negara-negara tetangga telah menjalin kerjasama dengan Uni Eropa dan Vietnam. Sehingga, apabila Indonesia tidak segera menjalin kerjasama dengan bergabung pada Trans Pasific Partnership (TPP) bersama Amerika Serikat dan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dengan Uni Eropa, maka dikhawatirkan investor akan beralih ke negara tetangga lainnya yang telah memiliki akses pasar bebas.