SHARE

primaradio.co.id – Musim pancaroba kerap menyebabkan seseorang dengan sistem imun yang lemah mudah terkena flu. Selain tetap rajin olahraga dan banyak mengonsumsi vitamin, beberapa bahan makanan dipercaya ampuh cegah flu.

Diantaranya, Paprika. Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan sistem imun. Dalam paprika mempunyai kandungan vitamin C dua kali lebih banyak dari buah sitrus seperti lemon dan jeruk. Kombinasikan sayuran dan buah yang menyediakan lebih dari 200 mg Vitamin C dalam daily meal untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kedua, yoghurt. Kandungan probiotik pada yoghurt dapat membantu tubuh melawan kontaminasi dan membuat proses penyembuhan dari infeksi pada tubuh lebih cepat. Probiotik yang ditemukan di yogurt adalah bakteri sehat yang membantu pencernaan, karena 60 persen dari garis imun melewati usus, membuat usus sehat adalah pertahanan yang terbaik. Ketiga, green tea. Tidak hanya berfungsi untuk membantu mengurangi berat badan dan juga mengandung anti-oksidan yang tinggi. Green tea juga mampu melindungi tubuh dari oksidan dan radikal yang dapat berbahaya bagi tubuh.

Keempat, sweet potato. Sumber karbohidrat ini kaya akan anti-oksidan dan dapat meningkatkan fungsi sel. Kelima, bawang putih. Bawang putih sudah terbukti dapat menolong melawan flu karena kandungannya yang terdiri dari kalsium, potasium dan senyawa sulfur yang dapat menyingkirkan bakteri. Keenam, salmon. Salmon adalah superfood yang mengandung nutrisi penting seperti asam lemak omega 4 yang sangat penting untuk mengaktifkan T-Sel. Semakin tinggi T-Sel, semakin bagus daya tahan tubuh Anda. Dan terakhir adalah tiram. Oyster atau tiram tidak hanya terkenal sebagai aphrodisiac (makanan yang dapat menstimulasi sex desire) namun juga dapat menjadi sumber makanan yang dapat mencegah flu. Tiram mengandung vitamin C, vitamin E dan juga anti-oksidan yang dapat membuat sel-sel tubuh menjadi lebih sehat. (zum/nji)