SHARE

primaradio.co.id – Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Indonesia. Aktor sekaligus mantan politisi Partai Demokrat Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns. Soerio Soebagio, atau lebih dikenal dengan nama Sys NS meninggal dunia, Selasa (23/1/2018). Soerio Soebagio, wafat di usian 62 tahun di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta.

Kabar meninggalnya almarhum dibenarkan oleh Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat Imelda Sari. Namun hingga saat ini belum jelas penyebab meninggalnya almarhum.

“Iya benar. Barusan saya dapat (kabar) di group,” kata Imel.

Dari kalangan artis, vokalis grup band D’masiv, Rian Ekky Pradipta juga ikut mengabarkan wafatnya Sys NS.

“Telah berpulang ke Rahmatullah Suami kami tercinta. RMH Heroe Syswanto Ns( sys ns) pada hari Selasa, 23 Januari 2018. rumah duka: Jl. Kemang Timur Raya kompleks IIAPCO No. 16 Jakarta Selatan – 12730. Mohon doanya agar Almarhum husnul khotimah.. Dari ; Istri.. Shanty Sys,” tulis Rian Ekky Pradipta, vokalis D’masiv sambil unggah fotonya dengan Sys NS di akun Instagramnya.

Soerio Soebagio sendiri mulai dikenal saat bareng Pepeng, Krisna dan Nana Krip di Radio Prambors. Setelah itu, almarhum mulai aktif di dunia politik, dan menjadi Anggota Badan Pekerja (PAH II) MPR-RI, periode 1999-2000 dan Anggota MPR-RI, Utusan Golongan, periode 1999-2004.

Di tahun 2001, Sys NS juga ikut mendirikan Partai Demokrat. Kemdudian paada tahun 2005, Sys mendeklarasikan dirinya sebagai kandidat Ketua Umum Partai Demokrat. Saat itu sebagai langkah awal untuk kampanye, Sys meluncurkan sebuah buku biografi berjudul Sys NS: Yesterday, Today, & Tomorrow pada tanggal 15 Mei 2005.

Namun pada kongres di Bali bulan Mei 2005, Sys kalah bersaing dengan adik ipar SBY, Hadi Utomo. Di penghujung tahun 2005, Sys menyatakan mundur dari Partai Demokrat karena merasa sudah tidak lagi sejalan dengan misi dan visinya. (joe)