SHARE

primaradio.co.id – Sebanyak 21.000 lebih PNS di lingkungan Pemprov Jatim sementara dipersilakan membeli seragam putih sendiri. Hal tersebut disebabkan pengadaan baju untuk pegawai pemerintah itu baru bisa direalisasikan setidaknya dalam PAK APBD 2016.

Menurut Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi mengatakan bahwa untuk seragam baru warna putih itu kebanyakan sudah dimiliki PNS. Idealnya untuk pengadaan seragam putih harus dicukupi APBD melalui PAK nanti.

Sesuai Peraturan Mendagri (Permendagri) nomor 6 tahun 2016 tentang Perubahan Ketiga Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 60 tahun 2007 tentang Pakaian Dinas PNS disebutkan adanya penambahan kemeja putih yang wajib dikenakan PNS. Selama ini, di Pemprov Jatim hanya ada dua seragam. Yakni seragam safari krem dan batik. Sesuai regulasinya akan ditambah baju putih dengan bawahan gelap. Senin-Rabu mengenakan seragam krem. Kamis-Jumat mengenakan batik.

Sukardi juga menambahkan, pemberlakukan seragam putih PNS akan mulai berlaku pada Oktober 2016 mendatang atau menunggu Perubahan-APBD. Namun karena seluruh PNS dinilai telah memiliki sendiri pakaian putih, maka mulai pekan depan seragam baru sudah akan mulai diberlakukan.(zum/nji)