SHARE

primaradio.co.id – Aplikasi sosial media facebook dan whatsapp memutuskan untuk mengakhiri semua dukungan smartphone BlackBerry. Termasuk BlackBerry 10 handset dan smartphone lainnya yang menjalankan platform BBOS. Sehingga pengguna Blackberry hanya bisa menikmati facebook melalui browser.

Namun, untuk mengatasi masalah ini BlackBerry telah menggantikan BB Facebook App dengan aplikasi yang akan menggunakan tampilan antar muka browser sederhana. BlackBerry mewajibkan para penggunanya agar mengupdate aplikasi facebook. Update baru ini akan mengubah aplikasi itu menjadi sebuah link yang jika diklik akan membawa pengguna ke facebook versi web.

Para pengguna smartphone BlackBerry harus men-download atau mengunduh update untuk App Facebook pada akhir Maret ini. Sebab, aplikasi whatsapp dan facebook akan berhenti bekerja pada handset BlackBerry 10 dan BlackBerry 7.1 pada awal april 2016.

Sementara itu, Whatsapp mengumumkan akan menarik dukungannya dari 5 sistem operasi mobile, termasuk BlackBerry dan BlackBerry 10 pada akhir 2016 ini. Diantaranya adalah sistem operasi pada Nokia S40, Nokia Symbian S60,
Windows Phone 7.1, Android 2.1 dan Android 2.2, dan BlackBerry (termasuk BlackBerry 10)

WhatsApp pun menyarankan jika masih ada pengguna peranti mobile dengan sistem operasi di atas, maka sebaiknya beralih ke peranti Android, iPhone atau Windows Phone terbaru sebelum akhir 2016.

Pengguna OS BlackBerry sendiri pada akhir 2015 lalu memang semakin mengecil. Survey comScore MobiLens menyebut pengguna BlackBerry per Desember 2015 lalu tinggal 0,9 persen saja. Bahkan menurut survey Strategy Analytics, BlackBerry telah kalah pamor dari OS Tizen, sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Samsung itu kini menjadi OS terpopuler ke-4 di dunia setelah Android, iOS, dan Windows Phone.