SHARE

primaradio.co.id – Pemerintah Pusat akan memberlakukan Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dituangkan dalam Peraturan Kemetrian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 2 Tahun 2016. Dalam peraturan tersebut disebutkan, anak usia 0 tahun hingga 5 tahun kurang sehari dan anak usia 5 tahun hingga 17 tahun kurang sehari wajib memiliki KIA.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) Bangkalan, Madura, Rudiyanto mengatakan bahwa peraturan tersebut diberlakukan sebagai upaya peningkatan pendataan penduduk agar lebih akurat, pemenuhan hak konstitusi warga negara, dan pemenuhan kebutuhan pelayanan publik.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah belum memberlakukan secara keseluruhan namun telah menetapkan 50 kabupaten/kota di Indonesia sebagai pilot project. Namun bisa dipastikan, pembuatan KIA untuk anak usia 0 tahun hingga 5 tahun kurang sehari tidak perlu melampirkan foto karena kartu untuk golongan usia tersebut tidak menggunakan foto. Kecuali usia lima tahun hingga 17 tahun kurang sehari, baru menyertakan foto ukuran 2×3 sebanyak lima lembar. Syaratnya hanya KTP orang tua dan KSK (Kartu Susunan Keluarga).(zum/nji)