SHARE

primaradio.co.id – Perabotan dapur yang paling sulit dibersihkan adalah panci atau segala macam yang terbuat dari stainless atau tembaga. Meskipun dibilang antikarat, tak menutup kemungkinan tetap menimbulkan kerak.

Hal tersebut bisa terjadi karena sisa-sisa kotoran dari makanan yang masih menempel dan tidak bersih sempurna saat dicuci. Namun, mencucinya saja dengan sabun nampaknya belum cukup bisa menghilangkan keraknya.

Berikut cara agar kerak yang ada di panci bisa hilang. Diantaranya, pertama mencuci menggunakan lemon dan garam. Lemon dan garam merupakan kombinasi yang tepat untuk membersihkan perabotan dapur yang berkerak. Caranya adalah, dengan membelah dua lemon dan gunakan taburan garam untuk menggosok bagian yang berkerak selama 10 menit. Atau gunakan air lemon dan campuran garam, balurkan ke bagian yang berkerak, diamkan beberapa saat dan gosok hingga nodanya hilang.

Kedua, menggunakan saus tomat. Cukup balurkan saus tomat ke bagian kotor yang sudah dibasahi dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, cuci seperti biasa dan kotoran akan hilang. Terakhir adalah menggunakan cuka. Cuka bisa digunakan sebagai pengganti air lemon untuk membersihkan noda membandel pada panci atau perabotan logam lainnya. Caranya, cukup dibalurkan dan didiamkan beberapa saat, lalu gosok dan cuci seperti biasa.