SHARE

primaradio.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran calon anggota legislative 2019. Pendaftaran ini calon anggota legislative ini dibuka mulai tanggal 4 hingga 17 Juli mendatang. Sehubungan dengan masih panjangnya masa pendaftaran, Anggota Komisioner KPUD kota Surabaya Purnomo Satrio menghimbau agar seluruh bakal calon anggota legislative DPRD Kota Surabaya segera memenuhi sejumlah persyaratan yang ada.

“Kami berharap yang berpertama dokumennya bisa dipersiapkan semaksimal mungkin karena waktunya masih panjang sampai 17 juli. Yang kedua kami berharap partai politik bisa memaksimalkan kesempatan kunsultasi yang bisa dilakukan di Kpu kota surabaya sehingga tidak ada kendala yang muncul dikemudian hari”, kata Komisioner KPUD Kota Surabaya Purnomo Satrio saat ditemui di Kantor KPUD Kota Surabaya Pagi tadi(4/6).

Selanjutnya setelah proses pendaftaran, akan dilanjutkan dengan proses verifikasi dan sertifikasi. Purnomo juga menambahkan jika dalam proses verifikasi terdapat syarat yang perlu dilengkapi maka partai politik diharap dapat melengkapi syarat tersebut.

“Jadi nanti partai politik yang akan mengumpulkan syarat para calon legislatifnya baru kemudian diserahkan kepada kami. Jadi nanti apabali dari proses verifikasi ada syarat yang perlu dilengkapi maka partai politik dapat melengkapi syarat tersebut”, imbuh Purnomo.

Sementara itu terkait dengan peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan Kota yang sudah di tandatangani oleh ketua KPU RI, Arief Budiman beberapa waktu yang lalu, KPUD Kota Surabaya berharap seluruh partai politik dapat memaksimalkan kesempatannya untuk tidak mencalonkan calon legislative mantan narapidana kasus korupsi.(alf/bee)