SHARE

primaradio.c.id – Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim akan mengkaji anggaran pengelolaan SMA dan SMK. Salah satunya akan membentuk cabang dinas, yang anggaran operasionalnya mencapai Rp 1 triliun. Selain itu juga akan mengkaji kembali anggaran yang selama ini dikeluarkan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, dan SMP. Jika memang harus konsentrasi pada SMA/SMK dan Pendidikan Khusus (PK), maka anggaran dimungkinkan akan dialihkan sepenuhnya.

Menurut Kepala Dindik Jawa Timur, Saiful Rahman mengatakan bahwa berdasarkan kajian Dindik Jawa Timur kebutuhan untuk cabang dinas terhitung rata-rata Rp 3 miliar. Anggaran di cabang dinas diperlukan untuk operasional pengawasan sekolah dan pelayanan sekolah-sekolah negeri dan swasta di wilayahnya.

Sekedar diketahui, anggaran operasional pendidikan Jawa Timur tahun ini hanya berada pada posisi Rp250 miliar. Sedangkan dana fungsi pendidikan Rp 408 miliar. Selain itu, anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMA/SMK dari APBN sebesar Rp 2,3 triliun. (Zum/Nji)