SHARE

primaradio.co.id – Dinas Pendidikan Kota Surabaya mewajibkan sekolah-sekolah memasukkan pembelajaran tentang antinarkoba sebagai salah satu upaya pencegahan dan antisipasi peredaran narkotika di kalangan pelajar.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, M. Ikhsan, menjelaskan bahwa, mulai tahun ajaran 2015-2016, baik sekolah negeri maupun swasta harus memasukkan pelajaran antinarkoba di setiap mata pelajaran. Teknis pembelajarannya, yaitu dengan memasukkan modul-modul di setiap mata pelajaran, seperti matematika, pendidikan kewarganegaraan, ekonomi, olahraga dan lainnya.

Modul pembelajaran ini, masih khusus kalangan pelajar tingkat menengah pertama dan atas atau SMP-SMA, karena yang dinilai sudah siap materi maupun modulnya.Sedangkan, untuk tingkat sekolah dasar (SD) belum dimasukkan karena masih masuk tahapan persiapan modul maupun teknis pembelajarannya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Surabaya, Kompol Suparti, menyambut positif dan mengapresiasi adanya pembelajaran antinarkoba untuk kalangan pelajar di tingkat SMP, SMA dan sederajat. Bahkan upaya ini di yakini mampu mengantisipasi bahaya sekaligus peredaran narkoba di kalangan pelajar.