SHARE

primaradio.co.id – Setelah gagal mengantarkan Italia lolos ke Piala dunia 2018, manajer Giampiero Ventura berjanji akan segera mundur dari kursi kepelatihan Gli Azzurri.

Ditanya oleh repoter sebuah program TV Italia, Le Iene, apakah ia akan mundur dari posisinya setelah Azzurri kalah 0-1 secara agregat dari Swedia, Ventura mengatakan: “Ya.”

Sementara Sky Italia menyebutkan kontrak Ventura akan diputus Federasi Sepakbola Italia (FIGC) berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Kesepakatan ini membuat Ventura akan menerima kompensasi sebesar 700.000 euro.

Seperti diketahui, Italia baru saja gagal lolos ke Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia. Azzurri kandas di tangan Swedia yang tampil lebih solid, dan berhasil menahan imbang tanpa gol Italia di leg kedua setelah mereka unggul 1-0 di leg pertama. Gol semata wayang Swedia dicetak oleh Jakob Johanssen.

Kegagalan Italia lolos ke ajang sepak bola termegah di dunia ini merupakan yang pertama sejak tahun 1958 atau enam dekade silam. Total, sudah tiga kali negri Pizza tidak terlibat dalam agenda sepak bola dunia, yakni pada tahun 1930, 1958, dan 2018.

Kegagalan Italia lolos ke Rusia, sekaligus memaksa sejumlah bintang besar harus gantung sepatu. Selain Gianluigi Buffon yang memutuskan pensiun lebih dulu, nama-nama lain seperti Daniele De Rossi, Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, dan Leonardo Bonucci juga mengikuti langkah Buffon untuk pensiun dari Timnas Italia. (joe)