SHARE

primaradio.co.id – Secara resmi, Google telah mendirikan Gerakan Pelatihan usaha Rakyat atau Gapura pada tanggal 19 Mei 2017. Pelatihan gratis ini ditujukan bagi para pemilik usaha kecil dan menengah atau UKM di beberapa kota di Indonesia. Sejauh ini, sudah ada 10 kota yang mendapat pelatihan dari Google melalui Konferensi Womenwil. Sementara di Surabaya sendiri, konferensi Womenwil digelar di Dyandra Convention Center, Kamis (15/6/2017)

Sejak peluncurannya di tahun 2014, Gapura telah menjangkau 7.000 UKM di enam kota di Indonesia sebagai upaya untuk membantu para pemillk memperkenalkan usaha mereka di Internet. Tidak hanya sampai pada pengenalan usaha melalui internel, Gapura juga memberikan tips untuk memaksmilkan Internet dalam mengembangkan usaha mereka.

Project Leader of Womenwill Campaign, Fibriyani elastria mengatakan tujuan acara ini adalah memberikan inspirasi dan juga edukasi untuk membantu wanita wirausaha di Indonesia untuk lebih bisa mengembangkan bisnisnya dengan bantuan teknologi. Jadi, intinya Frbriyani ingin menunjukan berbagai macam cara untuk bisa berkembang.

Sementara itu ada riset dari Deloitte Access Economics yang menunjukkan bahwa para pemilik UKM Indonesia yang memanfaatkan Internet dalam memasarkan bisnis mereka mengalami peningkatan pendapatan hingga 80% dibandingkan
dengan UKM Yang tidak menggunakan internet. Hal ini terjadi karena Lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia menggunakan Internet untuk mencari informasi serta menemukan produk dan tempat-tempat baru.

Fibriyani juga mengatakan, pelatihan Gapura ini akan dilaksanakan setiap hari Jumat dan Sabtu di Revio Space di Jalan Kaliwaron no 58 dan pelatihan Gapura ini diberikan secara gratis untuk para pengusaha UKM. (yur/joe)