SHARE

primaradio.co.id – Hujan deras dan angin puting beliung melanda Kabupaten Sidoarjo pada Rabu sore, 23 November 2017.

Menurut data dari Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo, bencana angin puting beliung terjadi di Desa Tambak Rejo, Desa Tambak Sumur, dan Desa Tambak Sawah Kecamatan Waru. Saat kejadian berlangsung, cuaca terpantau hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan pepohonan tumbang, ratusan rumah dan beberapa fasilitas umum mengalami rusak ringan hingga berat di tiga Desa tersebut.

Kerusakan terparah terjadi di Desa Tambak Rejo, yakni sebanyak lebih dari 500 rumah dan puluhan fasilitas umum mengalami kerusakan dari rusak ringan hingga berat. Sementara sekira 44 orang mengalami luka-luka ringan. Sedangkan di Desa Tambak Sumur, 74 rumah warga mengalami kerusakan, dan 11 warga mengalami luka ringan.

Sementara di Desa Tambak Sawah masih dilakukan pendataan atas korban dan kerugian yang dicapai. Total sementara tercatat 593 unit rumah dan 7 unit fasilitas umum alami kerusakan ringan hingga berat, dan 35 orang alami luka ringan.

Pasca peristiwa itu, BPBD Sidoarjo langsung melakukan pendataan ke lokasi kejadian, berkoordinasi dengan PLN, KODIM, Dinas Lingkungan Hidup, dan Kebersihan atau DLHK, dan Polsek setempat untuk melakukan penanganan darurat.

Pihak BMKG Juanda juga ikut meninjau lokasi bencana setelah peristiwa itu terjadi.

Selain itu, Tim BPBD juga sudah menyiapkan posko pengungsian di beberapa lokasi, diantaranya Balai Desa Tambak Rejo, Sekolah MI Darul Ulum, dan Masjid Darussalam Tambak Rejo RT2/RW1.

Sementara pada hari Kamis, 23 November 2017 juga dilakukan kegiatan kerja bakti membersihkan pohon tumbang dan sisa material bangunan bersama personil BPBD Sidoarjo, TNI, POLRI, KODIM, DLHK, Relawan Sidoarjo, dan warga setempat. (ria/joe)