SHARE
Pelepasan ekspor 6 ribu ton bawang merah ke Singapura (Foto: Alfi Purnomo)

primaradio.co.id – Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dr. Ir. Suwandi memimpin pelepasan ekspor 6 ribu ton bawang merah ke Singapura, di Kawasan Kalianak, pagi tadi. Ekspor bawang merah ini merupakan ekspor ke-dua yang dilakukan Indonesia, setelah tahun 2016 yang lalu dengan total berat sebesar 7.750 ton. Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Suwandi mengatakan target nasional tahun 2018 ini adalah 2 kali lipat dari 2017, ini membuktikan bahwa Indonesia sudah swasembada bawang merah.

“Hari ini pelepasan secara simbolis 1 kontainer, yang jelas tahun lalu kita sudah ekspor 7.750 ton bawang merah ke negara tetangga kemudian tahun ini target nasional insyaallah naik 2 kali lipat. Ini membuktikan bahwa Indonesia saat ini sudah swasembada bawang merah”, Kata Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dr. Ir. Suwandi setelah melepas pemberangkatan 1 kontainer bawang merah, di Gudang PT Aman Buana Putra di kawasan Kalianak Surabaya, (9/7).

Sementara itu, total bawang merah yang dilepas dirjen dari PT. Aman, hari ini berjumlah 15 ton, dan akan dikirim bertahap hingga rencananya mencapai 6 ribu ton. Dan selanjutnya setelah Singapura, juga akan dilanjutkan ekspor bawang merah ke beberapa negara tetangga lainnya seperti Thailand, Vietnam dan Malaysia. (alf/bee)