SHARE

primaradio.co.id – Mulai 1 April 2016, besaran iuran peserta mandiri kelas I dan kelas II asuransi BPJS Kesehatan sah mengalami kenaikan.

Menurut Direktur Hukum, Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Bayu Wahyudi mengatakan bahwa berdasarkan Perpres Nomor 19 Tahun 2016, besaran iuran bulanan peserta mandiri kelas I naik sebesar Rp80 ribu dan peserta mandiri kelas II naik sebesar Rp51 ribu. Kenaikan iuran ini diambil untuk menjaga keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sifatnya gotong royong. Program ini memang dirasakan langsung oleh masyarakat sejak 2 tahun silam. Meskipun pemerintah pusat kerap mendapat keluhan soal layanan berobat di beberapa fasilitas kesehatan.

Bayu juga menambahkan, jika masyarakat keberatan dengan kenaikan iuran ini, BPJS Kesehatan tidak melarang jika peserta ingin mengubah status kepesertaan sesuai dengan kemampuan dana. Namun, diharapkan peserta kelas I dan kelas II tidak menurunkan kelas agar membayar lebih murah. (zum/nji)