SHARE

primaradio.co.id – Untuk antisipasi ketersediaan daging sapi, Pemerintah Jawa Timur mengaku akan mengoptimalisasikan dengan cara melakukan penggemukan sapi dan menarget satu juta setiap tahunnya.

Menurut Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengatakan bahwa untuk saat ini produksi sapi di Jatim masih kelebihan, tapi kadang kala masih mengalami kebingungan dalam pasokan daging sehigga sapi-sapi tersebut diambilnya dari beberapa tempat guna tersedianya daging sapi.

Saat ini, produksi daging sapi di Jatim terhadap nasional sebesar 22 persen. Populasi sapi di Jawa Timur sekitar 5,3 juta ekor, dan sebanyak 520 ribu ekor per tahun sapi nasional.

Soekarwo juga menambahkan, kelangkaan daging sapi disebabkan karena hukum pasar, atau harga selisih, maka produksi sapi-sapi akan keluar ke Jatim, biasanya ke Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sehingga, Pemprov tidak bisa membatasi perdagangan sapi-sapi keluar Jatim, karena sama saja memutus rangkaian perekonomian, namun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki agar tidak ada lagi keresahan dalam stok daging sapi.