SHARE

primaradio.co.id – Keharusan diet untuk menurunkan berat badan, memang kerap kali menjadikan seseorang harus meninggalkan makanan yang disukainya. Tetapi, ada solusi untuk semua keluhan yang di alami ketika sedang menjalani diet.

Pertama, masih bisa menyantap makanan favorit. Orang yang menjalani diet masih bisa menyantap makanan lezat meski mempunyai kalori dan karbohidrat atau bahkan lemak yang berlebih. Tapi, ada satu lagi yang berlebih dari makanan favorit, rasa senang dan bahagia yang dirasakan ketika menyantapnya, yang ternyata bisa membantu proses penurunan berat badan. Namun, jika tidak bahagia, maka proses penurunan berat badan akan terhambat. Kuncinya adalah, harus pintar mengatur jam makan dan porsi. Kalau sedang ingin makan fastfood misalnya, makan dengan porsi yang lebih ringan seperti smoothie untuk sarapan atau salad porsi besar untuk makan siang. Ingin dessert setelah makan malam, share dessert favorit dengan teman satu meja, sehingga Anda tidak harus menyantap keseluruhan dessert sendiri.

Kedua, stop timbangan. Saat dalam program penurunan berat badan, biasanya jadi terobsesi untuk mengecek berat badan terus menerus. Obsesi inilah yang biasanya membuat cepat menyerah. Berikan jeda pada diri sendiri untuk menikmati setiap makanan yang bisa dan tidak bisa disantap.

Ketiga, jangan kelaparan. Menjaga kalori tidak berarti jadi membuat diri sendiri kelaparan. Pastikan setiap makanan yang di konsumsi mengandung serat, protein dan lemak baik. Tiga unsur ini akan memberikan energi dan membuat Anda kenyang lebih lama. Sayuran, buah segar, makanan mengandung gandum, biji-bijian, alpukat dan kacang adalah pilihan snack sehat yang bisa jadi pengganjal perut. Dan terakhir adalah sharing. (Zum/Nji)