SHARE

primaradio.co.id – Cepat lelah, letih, tidak berenergi untuk beraktivitas bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu faktornya adalah nutrisi yang buruk. Pasalnya, makanan merupakan sumber energi utama. Jadi, apa yang dipilih untuk makan akan berdampak besar bagi performa tubuh.

Selain itu, faktor mudah lelah tersebut juga dipengaruhi apabila sering meninggalkan sarapan. Sebab, sarapan akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti energi baru untuk memulai hari yang baru, membantu mengontrol berat badan, meningkatkan konsentrasi dan performa ketika beraktivitas, serta memberikan kekuatan dan ketahanan ketika melakukan aktivitas yang berat. Sarapan merupakan suatu hal yang penting bagi semua orang, terutama bagi anak-anak dan remaja.

Pilihlah makanan yang kaya akan protein. Pasalnya, dengan menambah protein dalam porsi sarapan, maka performa aktivitas di siang hari akan meningkat. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat seseorang tidak akan cepat merasa lelah. Sarapan yang kaya protein akan menjaga rasa kenyang hingga waktu makan siang. Sarapan dengan telur merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk mencukupi kebutuhan protein di pagi hari. Pasalnya, telur merupakan salah satu sumber protein yang paling baik.

Sebuah studi yang dilakukan di Pennington Biomedical Research Center pada 2007 menunjukkan bahwa wanita yang sarapan dengan mengonsumsi 2 butir telur selama 2 bulan mengalami penurunan berat badan sebesar 65%, penurunan lingkar perut sebesar 83%, mempunyai energi yang lebih banyak, dan kadar kolesterol yang sama dibandingkan dengan wanita yang memakan roti ketika sarapan.

Terlebih lagi, konsumsi protein tinggi ketika sarapan di pagi hari akan menyebabkan otot menjadi lebih kuat dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan. Otot yang lebih kuat akan membuat metabolisme menjadi lebih aktif dan akan membantu dalam penurunan berat badan.

Oleh karena itu, janganlah melewatkan sarapan di pagi hari karena sarapan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ingat, pilar kesehatan adalah tidur, makan, dan olahraga secara teratur. Jadi, tidurlah 7-9 jam per harinya, mengonsumsi makanan bergizi seperti buah, sayur, dan protein, serta berolahragalah secara rutin dan teratur.