SHARE

primaradio.co.id – Dalam forum Musrenbang 2017, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga akan mengusulkan ratusan program dan ribuan kegiatan ke pemerintah pusat.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemprov Jatim Fattah Jasin mengatakan, mengatakan bahwa jika tahun 2016, jumlah program yang diusulkan sebanyak 400 – 500, sementara kegiatannya mencapai sekitar 2.000. Tahun 2017 jumlahnya diperkirakan naik 10 – 20 persen. Dari usulan tersebut, diharapkan lebih dari 70 persen bisa diakomodir oleh pemerintah pusat.

Fattah juga menambahkan, persetujuan terhadap usulan program dan kegiatan tersebut sangat penting, agar percepatan pembangunan di segala bidang untuk meningkatnya kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan. Program prioritas itu antara lain, bidang infrastruktur darat, laut, dan udara. Lalu program bidang perekonomian yang mencakup industri, perdagangan, dan investasi), program peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM), program mengatasi pengangguran, pengembangan wilayah untuk mengatasi disparitas, program pemerataan tingkat pendapatan masyarakat, dan program mempertahankan 19 juta m3 air serta pengendalian banjir. (zum/nji)