SHARE

primaradio.co.id – Vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk menjamin kesehatan. Jika kekurangan vitamin, maka tubuh akan mengirimkan sinyal melalui berbagai gejala. Berikut 8 gejala fatal kekurangan asupan vitamin. Diantaranya, pertama bibir pecah. Tidak hanya kurang vitamin C, jika bibir pecah hingga merembet ke pinggir mulut bisa jadi tanda kekurangan vitamin B, seng dan besi. Disarankan makan lebih banyak telur, ikan, kacang, kacang-kacangan, kubis, brokoli, paprika merah dan tomat.

Kedua, rambut rontok. Apabila kekurangan vitamin K, E, D, B7 dan A, ada tanda lain yang harus diwaspadai. Bahkan, tanda penyerta dari kekurangan asupan vitamin ini yaitu juga kekurangan zinc. Untuk mengatasinya, makan alpukat, buah-buahan kering, pisang, jamur, biji labu, biji-bijian dan raspberry. Ketiga, muncul jerawat pertanda kekurangan asupan vitamin D dan A, sehingga menimbulkan jerawat. Jangan makan lemak trans dan lemak jenuh. Pilih makanan sehat, seperti biji rami, buah-buahan kering, paprika merah, ubi jalar, wortel, kenari dan almond untuk mengatasinya.

Keempat, gatal dan mati rasa. Kedua gejala itu artinya menandakan tubuh Anda kekurangan vitamin B, B12, B9 dan B6. Konsumsilah lebih banyak makanan laut, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau dan asparagus setiap hari. Kelima, kram. Karena hal itu menjadi tanda tubuh kekurangan vitamin B dan mineral seperti magnesium, kalsium dan kalium. Makanlah lebih banyak kacang almond, pisang, bayam, kubis, apel, ceri dan labu untuk mengatasinya.(zum/nji)