SHARE

primaradio.co.id – Pemkot Surabaya kembali melakukan uji coba Car Free Day (CFD) di kawasan baru, yaitu di sebagian ruas Jl Ir Soekarno atau Middle East Ring Road (MERR), Minggu (3/4/2016). Memang, belum seramai kawasan CFD yang sudah lebih dulu ada, seperti di Jl Raya Darmo (1,57 kilometer/km), Jl Tunjungan (0,65 km), Jl Jemur Andayani (0,98 km), dan Jl Sedap Malam – Jl Jimerto (0,44 km), dan terakhir Jl Kembang Jepun (0,66 km).

CFD di ruas Jl Ir Soekarno, yang berada di titik perempatan Jl Raya Kertajaya, depan RM Sederhana hingga perempatan Jl Arief Rahman Hakim, menjadi area CFD keenam yang digelar Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Surabaya. Untuk jadwal CFD, memang belum rutin pada tiap hari minggu. Di Jl Kembang Jepun misalnya, disiapkan tiap hari minggu kedua setiap bulan.

Sedang di Jl Jemur Andayani, tiap hari minggu, pada minggu pertama tiap bulan.

Sedang di Jl Raya Darmo dan Jl Tunjungan, hampir tiap Minggu atau sekitar 50 kali setahun. Di Jl Raya Kertajaya, setahun digelar 23 kali dan Jl Jimerto – Jl Sedap Malam, tiap hari Jumat, minggu keempat.

CFD di lima ruas jalan digelar mulai pukul 06.00 hingga pukul 09.00 WIB – 10.00 WIB. Sementara, di Jl Jimerto – Jl Sedap Malam, mulai pukul 06.00 sampai 15.00 WIB. (zum/nji)