SHARE
HUT ke-74 RI (Dok Setneg)

primaradio.co.id – Istana Kepresidenan tetap menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 RI pada 17 Agustus mendatang. Namun ada yang berbeda di peringatan tahun ini. Pandemi Covid-19 membuat upacara peringatan HUT RI kali ini harus berlangsung tanpa banyak peserta upacara.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengimbau warga untuk menghentikan kegiatan pada 17 Agustus, tepatnya pukul 10.17 WIB, untuk menghormati peringatan detik-detik proklamasi.

“Hentikan semua kegiatan dan aktivitas Saudara selama tiga menit saja pada 17 Agustus 2020 pukul 10 lewat 17 menit WIB,” ujar dia, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (29/7).

Pratikno, yang juga menjabat Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Organisasi Internasional ini, meminta warga mengambil sikap sempurna dengan berdiri tegak pada waktu tersebut.

“Ambil sikap sempurna, berdiri tegak untuk menghormati peringatan detik-detik proklamasi,” katanya.

Diketahui, upacara peringatan hari kemerdekaan ke-75 RI tahun ini dilaksanakan secara terbatas di Istana Negara Jakarta. Upacara hanya akan diikuti enam pejabat, termasuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Sementara pejabat negara dan masyarakat umum yang biasanya hadir saat upacara diminta mengikuti secara virtual.

Pembatasan upacara ini dilakukan mengingat pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk diikuti masyarakat dan pejabat negara lainnya.

Pelaksanaan upacara diklaim akan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat. (bee)

Sumber: CNN Indonesia