SHARE
Suasana Debat Publik Pilgub Jatim di Dyandra Convetion Center (primaradio)

primaradio.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menggelar debat publik pertamanya untuk kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur. Yaitu pasangan urut nomor satu Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, serta pasangan nomor urut dua Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno. Debat pubil pertama diselenggarakan Selasa (10/4) di Dyandra Convention Center.

Sebelum debat berlangsung, Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur Eko Sasmito memberi sambutan.

“Ada dua hal yang harus dipenuhi peserta dalam debat ini. Pertama , kedua pasangan calon memilii hak untuk meyampaikan informasi. Dan hal kedua adalah hak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang akan dijadikan bahan pertimbangan pada saat pemungutan suara 27 Juni mendatang, ungkap Eko.

Jawa Timur pun menurut Eko Sasmito, sudah bertekad menjalankan pemilihan gubernur dengan guyub dan rukun.

Sementara dalam debat pertama kali ini mengambil tema tentang Kesejahteraan Rakyat. Kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur mengawalinya dengan memberikan pandangan terkait visi dan misi.

Dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan yang diberikan dalam amplop tertutup.

Beragam isu digulirkan dan masing-masing pasangan calon pun menjawab sesuai dengan visi dan misi masing-masing.

Semakin malam suasana debat semakin ramai, apalagi saat memasuki sesi debat antar calon wakil gubernur Emil Elestianto Dardan dan Puti Guntur Soekarno terkait isu kemiskinan. Keduanya saling beradu argumen dan data.

Selain isu kemiskinan, dalam debat pertama ini juga mengangkat pertanyaan terkait bonus demografi, kekerasan terhadap anak dan perempuan, serta isu terkait pendidikan.

Sementara itu, untuk jadwal kedua debat publik Pilgub Jatim 2018 akan dilaksanakan Selasa 8 Mei 2018. Debat publik yang ketiga dilaksanakan Sabtu 23 Juni 2018. (bee)