SHARE

primaradio.co.id – Sementara itu, Kepala Otoritas Bandara Wilayah III, Dadun Kohar, mengatakan bahwa pengajuan extra flight bergantung ketesediaan waktu penerbangan di bandara. Biasanya, dengan dalih demi kenyamanan penumpang, izin itu akan dikeluarkan. Meski kepadatan penerbangan di Bandara Juanda saat ini sudah sangat padat. Baik di Terminal 1 maupun 2 Bandara Juanda.

Dadun memprediksi bahwa aktivitas penerbangan saat mudik tahun 2016 ini cenderung stagnan. Setidaknya hingga menjelang puasa ini baru dua yang mengajukan extra flight. Tak menjamin, extra flight ini akan semuanya dilaksanakan. Kadang pesawat tak jadi beroperasi karena melihat situasi.

Saat mudik nanti, dipastikan akan terjadi kenaikan lonjakan penumpang di Bandara Juanda Surabaya. Saat arus mudik tahun lalu, setiap hari minimal 65.000 penumpang membanjiri Juanda. Setiap hari ada lebih dari 400 penerbangan. Sebanyak 40 di antaranya adalah extra flight. Saat ini, setiap hari pergerakan pesawat mencapai 400. Setiap hari ada setidaknya 39 penerbangan. Ini sudah di luar batas ideal. Idealnya cukup 28 penerbangan setiap hari. (zum/nji)