SHARE

primaradio.co.id – Pemerintah saat ini tengah mendorong Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk dapat menyerap gabah petani secara optimal sebelum memasuki bulan Ramadhan. Namun, selain fokus pada produksi beras, juga meminta agar Bulog fokus pada cadangan beras.

Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bahwa serapan beras petani tersebut akan mampu meningkatkan cadangan beras nasional. Khususnya untuk kualitas, hal ini sangat menentukan stok cadangan beras nasional. Pasalnya, semakin baik kualitas beras yang dapat disertai oleh Bulog, maka beras tersebut akan dapat disimpan dalam waktu lama untuk cadangan beras nasional.

Untuk diketahui, Perum Bulog telah menyusun skema pengadaan beras, di mana pada awal Juni 2016 Bulog akan menyerap minimal 1,6 juta ton cadangan beras, bahkan dengan perhitungan yang lebih progresif diprediksi mampu menyerap 2,6 juta ton. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat cadangan beras pemerintah dalam menahan tren harga yang biasanya meningkat menjelang bulan Ramadhan. (zum/nji)