SHARE

primaradio.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan ada dua aliran yang berkembang dalam pendidikan di perguruan tinggi.

Pertama adalah aliran yang mendidik skill, dan Ini biasa dijumpai di perguruan tinggi di Eropa, Jepang dan Korea. sementara yang kedua Kedua adalah aliran liberal art yang mendorong siswa dalam kemampuan berinovasi.

“Aliran ini dijumpai dalam sistem pendidikan di Amerika Serikat,” kata Kalla saat membuka rapat kerja nasional Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS PTIS), Rabu, 26 April 2017 di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Menanggapi hal ini, Jusuf Kalla mengatakan, perguruan tinggi di Indonesia harus juga menghasilkan nilai-nilai seperti itu, yakni kualitas perguruan tinggi yang dapat menciptakan keduanya, atau satu diantara skill atau inovasi. Wakil Presiden juga mendorong perguruan tinggi terus meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam hal ini, Pendidikan harus diarahkan pada kebutuhan masa depan, bukan berorientasi masa lalu.

Sumber : Tempo