SHARE

primaradio.co.id – Untuk mengatasi penuhnya moda transportasi mudik menggunakan kereta api, PT KAI mulai mengujicobakan kereta api (KA) kelas eksekutif sebagai kereta tambahan saat arus mudik Lebaran. Kereta ekstra kelas terbaik ini bahkan sudah diujicobakan dengan membawa penumpang dari Jakarta ke Surabaya dan sebaliknya.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan bahwa kereta Eksekutif Bima ini telah dioperasikan sebelum mudik lebaran, yaitu pada Sabtu dan Minggu. KA yang diklaim paling nyaman di kelasnya ini sukses membawa ratusan penumpang dari dan ke Jakarta saat diujicobakan pada Sabtu dan Minggu kemarin. KA ini membawa 8 gerbong eksekutif, 1 gerbong restorasi atau dapur, dan 1 gerbong pembangkit. Masing-masing gerbong berkpasitas 50 penumpang. Jadi KA Bima ekstra itu akan membawa penumpang sebanyak 450 orang. Namun saat ujicoba, tak semua kursi terisi.

Suprapto juga menambahkan, sesuai jadwal yang diterima, KA Bima ekstra itu mengawali jadwal keberangkatan dari Stasun Gambir Jakarta Sabtu pukul 19.30. Dan sampai di Stasiun Gubeng Surabaya hari Minggu pukul 09.00.
Kemudian Minggu sore pukul 14.55 berangkat dari Stasiun Gubeng Surabaya. Diperkirakan tiba di Stasiun Gambir Jakarta sekitar pukul 03.30.

PT KAI telah menetapkan tarif KA tersebut di kisaran Rp 500.000. Meskipun telah ditetapkan batas bawah sebesar Rp 170.000 dan batas atasnya Rp 500.000. Sebagaimana tradisi di KAI, hampir tak pernah memberlakukan batas bawah. (zum/nji)