SHARE

primaradio.co.id – Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN salah satunya berupa kartu ATM, debet dengan logo nasional lambang Garuda bertulis GPN.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bidang Sistem Pembayaran dan Pengelolaan uang Rupiah Yudi Harymukti mengatakan, tepat 1 Januari 2022 penerbit ATM dan kartu debet wajib memastikan seluruh nasabah memiliki minimal satu kartu berlogo nasional.

Sementara mulai 1 Januari 2018, Bank penerbit kartu ATM dan kartu debet wajib memberikan 1 kartu yang menggunakan logo nasional pada saat nasabah membuka rekening baru atau mengganti kartu.

Yudi juga mengatakan, bagi nasabah lama yang sudah memiliki kartu ATM bisa datang ke Bank penerbit untuk menukarkan kartu ATM-nya. Bank Indonesia juga sedang menyiapkan aturan baik berupa peringatan ataupun teguran jika pada tahun 2022 ada nasabah yang belum menggunakan kartu berlogo nasional.

Sementara itu kegunaan dari Gerbang Pembayaran nasional ini adalah memberikan dukungan penuh bagi program-program Pemerintah termasuk penyaluran bantuan sosial non tunai, elektronifikasi jalan tol dan transportasi publik, keuangan inklusif dan pengembangan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik.