SHARE
Rekapitulasi suara di KPU Kota Surabaya (Foto: Alfi Purnomo)

primaradio.co.id – KPU Kota Surabaya akhirnya menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Rekapitulasi ini berjalan selama 16 Jam, mulai pukul 10.00 Pagi hingga 02.00 dini hari.

Dari hasil rekapitulasi suara 31 kecamatan di Surabaya, pasangan nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak unggul dari pasangan nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno. Berdasarkan hasil perhitungan suara tingkat kota Surabaya, paslon Khofifah-Emil memperoleh 579.246 suara. Sedangkan Saifullah Yusuf-Puti memperoleh 560.848 suara.

Meski diwarnai beberapa kali aksi protes dari saksi salah satu paslon, Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi mengatakan keberlangsungan rekapitulasi masih tergolong wajar dan lancar.

“saya pikir di dalam proses rekapitulasi yang dimulai pukul 10 siang tidak banyak mengalami kendala, bahwa kemudian terdapat berbagai dinamika itu memang sesuatu yang wajar dalam proses rekapitulasi”, Kata Ketua KPU Nur Syamsi setelah memimpin jalannya Rekapitulasi di Kantor KPU Surabaya, Jum’at (6/7).

Nur Syamsi juga menambahkan meski saksi paslon nomor urut 2 tidak mau menandatangani berita acara rekapitulasi ini, hasil rekapitulasi ini tetap akan dilanjutkan ke rekapitulasi tingkat provinsi.

“Jadi memang pengajuan keberatan itu tidak ada masalah, termasuk saksi calon yang tidak menandatangani berita acara rekapitulasi, rekapitulasi akan tetap dilanjutkan ke rekapitulasi tingkat provinsi”, imbuh Nur Syamsi.

Sementara itu, jika melihat total surat suara yang masuk baik yang sah maupun yang tidak sah, tingkat partisipasi masyarakat kota Surabaya dalam Pilgub jatim ini naik 3,5% menjadi 58 persen. (alf/bee)