SHARE
Komisioner KPPU RI M. Afif Hasbullah saat menghadiri Forum Jurnalis di Surabaya (Foto: Beatrix Christiana)

primaradio.co.id – Menjelang Lebaran , Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memperketat pengawasan terhadap sektor pangan. Komisioner KPPU RI M. Afif Hasbullah mengatakan KPPU akan mengawasi persaingan harga bahan pokok yang cenderung meningkat permintaannya saat ramadhan dan menjelang lebaran. Jika ditemukan bukti adanya permainan harga maka KPPU akan melakukan penindakan hukum. KPPU juga menurut Afif akan mencermati kelompok-kelompok usaha yang menguasai sampai 75 persen dari rantai bisnis di sektor pangan.

“Menjelang lebaran, dan saat ramadhan ini kami akan mengawasi bahan poko yang permintaannya tinggi. Kami juga mencermati adanya kelompok-kelompok usaha yang menguasai di atas 75 persen dari rantai bisnis. Namun kami tidak bisa menyebutkan, tapi itu memang ada dan sedang kita amati, “ungkap Afif saat ditemui di sela-sela Forum Jurnalis terkait Pemaparan Program Kerja Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Periode 2018 – 2023 Kamis (24/5).

Afif juga mengatakan, meski harga pangan selalu meningkat menjelang lebaran, KPPU tidak akan gegabah menyatakan adanya permainan kartel atau harga. Karena tidak semua kenaikan harga disebabkan permainan usaha tidak sehat. KPPU akan melakukan koordinasi dengan berbagai stake holder untuk mencari penyebab terjadinya kenaikan harga pangan.

Seperti diketahui pada awal Mei 2018, Presiden Jokowi melantik sembilan anggota komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Sementara itu salah satu sektor usaha yang diawasi adalah sektor pangan, yakni: komodiit beras, daging sapi, daging ayam dan telur, gula, bawang merah dan putih, garam dan tepung terigu. (bee)