SHARE
KPU Jatim buka pendaftaran tambahan calon komisioner baru periode 2014-2019 (Foto: Alfi Purnomo)

primaradio.co.id – Jelang Pemilihan Legislatif Dan Pemilihan Presiden 2019 Mendatang, KPU Provinsi Jawa Timur membuka pendaftaran tambahan calon anggota komisioner baru untuk periode 2014 – 2019. Pasalnya lima komisioner KPUD Jatim yang telah dimiliki saat ini dinilai masih kurang. Sehingga dibutuhkan dua komisioner tambahan lagi. Proses seleksi sendiri akan berlangsung pada 10 juli hingga 6 agustus mendatang.

Sekeretaris Tim Seleksi KPU, Dr. Abdul Choliq mengatakan, jika tim seleksi yang diketuai oleh Profesor Achmad Jainuri ini akan melakukan berbagai tahapan, mulai dari seleksi administratif dan juga seleksi wawancara, termasuk syarat pengalaman akan jadi salah satu pertimbangan. Tak hanya itu tim seleksi KPUD Jawa Timur sendiri, juga akan membuka pengaduan masyarakat bagi calon tambahan komisioner KPU Jawa Timur terkait trade recordnya.

“kami diberi tugas KPU RI melakukan proses seleksi anggota KPU Jawa Timur sesuai amanat undang-undang. kami akan bekerja sesuai tahapan, yakni 2 komisioner tersebut akan dilantik KPU RI. ya tentu timsel akan melihat beberapa orang yang memiliki track record. kalau tadi ada pertanyaan, apakah itu menjadi syarat? tentu tidak. namun untuk mengelolah KPU sebesar KPU Jawa Timur, syarat pengalaman itu bisa menjadi pertimbangan”, Ungkap Sekretaris Tim Seleksi KPU Dr. Abdul Choliq, setelah jumpa pers di Media Center KPU Jawa Timur, (12/7).

Masa pendaftaran calon anggota komisioner KPU Jawa Timur mulai dibuka tanggal 10 Juli 2018, kemudian dilanjutkan penelitian administrasi dan tes tertulis dengan metode CAT pada tanggal 27 Juli, dilanjutkan Tes Psikologi, Kesehatan, Wawancara hingga tanggal 6 Agustus 2018. Kemudian Pengumuman calon anggota KPU akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2018, dan akan di lantik langsung oleh KPU RI pada tanggl 16 Agustus 2018. (alf/bee)