SHARE
Media Briefing Debat Publik kedua Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya (Foto: Beatrix Christiana)

primaradio.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya kembali melaksanakan debat publik Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya sesi kedua bagi kedua paslon Eri Cahyadi-Armudji dan Machfud Arifin-Mujiaman.

Pelaksanaan debat publik sesi kedua bakal menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat lagi. Debay ke dua kali ini akan digelar di Dyandra Convention Center Surabaya Jalan Basuki Rahmat Rabu (18/11) malam nanti.

Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Hukum dan Pengawasan Aus Turcham saat Media Briefing di KPU Surabaya, Rabu (18/11).

“Sekali lagi kata kunci pemilukada kali ini sesuai dengan ketentuan KPU adalah protokol kesehatan. Sehingga tidak semua awak media bisa masuk termasuk masyarakat dan pendukung masing-masing pasangan calon, “ungkapnya.

Dalam PKPU No 13 Tahun 2020 dengan tegas diatur bahwa terkait debat publik hanya diikuti dua pasangan calon, empat tim kampanye, dan unsur dari penyelenggara pemilihan yaitu KPU dan Bawaslu.

Tema debat kedua adalah peningkatan layanan kesejahteraan masyarakat Surabaya.

Agus juga menambahkan, KPU berharap kedua pasangan calon tidak mebawa massa pendukung.

“Akan ada screening penuh sekita 100 meter dari sekitar lokasi. Karena kita tidak kepenghin ada teguran terlkait protokol kesehatan, “tambahnya.

Sementara itu perwakilan dari media swasta yang menyiarkan langusng Debat publik kedua dari Inews TV dan BBS TV. Secara umum debat publik kedua sama dengan yang pertama.

Debat publik terdiri dari enam segmen dengan inti debat ada di segmen 2, 3, 4, dan 5. Segmen 1 perkenalan paslon dan panelis. Segmen dua penyampaian visi misi dan program masing-masing pason. Segmen tiga pendalaman vis dan misi dan program. Sementara segmen empat dan lima tanya jawab dan sanggahan antra paslon. Adapun segmen enam adalah statemen akhir masing-masing paslon. (bee)