SHARE

primaradio.co.id – Potensi UKM (usaha kecil menengah) khususnya yang dilakukan para pedagang kaki lima (PKL) masih dipandang sebelah mata oleh pemerintah. Hal itu yang menjadikan para PKL di banyak daerah tak bisa berkembang maksimal.

Menurut Ketua Asosiasi Pengelola Sentra PKL (Aspentra) Jawa Timur, Sutomo Koesnendar mengatakan bahwa sampai saat ini masih banyak SKPD di daerah-daerah masih meremehkan potensi UKM. Namun, hal itu tak membuat Aspentra patah semangat, dan tetap membina PKL di wilayah Jatim sehingga bisa lebih profesional dalam menjalankan usahanya.

Aspentra Jatim juga aktif melakukan pelatihan dan pembekalan guna memberi pengetahuan lebih baik pada PKL. Untuk kegiatan tersebut, Aspentra Jatim melakukan kerjasama dengan Dinas Koperasi Jatim dan Dinas Kesehatan Jatim, serta Surabaya Hotel School (SHS).

Sutomo juga berharap Aspentra Jatim mendapat perhatian dari pemerintah lewat dukungan dana partisipasi dari APBD. Dana itu nantinya digunakan untuk kegiatan-kegiatan Tim Penataan dan Pemberdayaan PKL. (zum/nji)