SHARE

primaradio.co.id – Hidup di kota yang padat akan membuat seseorang terpapar banyak polusi setiap hari. Keadaan tersebut tentunya akan membuat tubuh harus mengeluarkan lebih banyak racun atau detoksifikasi untuk mencegah efek yang tidak diinginkan. Detoksifikasi akan meningkatkan energi, membantu menurunkan berat badan, membersihkan pikiran, membuat rambut lebih sehat, juga kulit.

Dengan berbagai macam buah dan sayuran segar yang mudah tersedia, musim dan cuaca saat ini adalah waktu yang ideal untuk mulai melakukan detoksifikasi tubuh. Berikut 5 makanan yang bisa dicoba untuk proses detoksifikasi yang sehat dan alami.

Pertama, semangka. Dianggap sebagai makanan nomor satu untuk detoks. Semangka memiliki antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan kerusakan oleh radikal bebas dan mencegah peradangan. Semangka, yang sangat basa, mengandung sitrulin yang membantu untuk membuat arginin. Arginin menghilangkan amonia dan racun lainnya dari tubuh. Ini juga merupakan sumber pottasium yang baik untuk menyeimbangkan natrium dalam makanan kita yang mendukung ginjal sehingga fungsi membersihkan akan lebih baik. Kedua, mentimun. Sarat dengan vitamin, mentimun mengandung 95 persen air yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh serta membuat tubuh terhidrasi. Ketiga, lemon. Jus lemon dengan vitamin C dan mineral seperti kalium, magnesium, dan fosfor yang melimpah penghilang rasa haus yang ideal. Sebagai makanan detoks, lemon merangsang produksi empedu dan membantu membersihkan ginjal. Minum jus lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu di pagi hari akan membantu untuk membersihkan perut dan menghilangkan akumulasi racun dari tubuh.

Keempat, teh hijau. Minum teh hijau di musim pancaroba menuju kemarau ini akan memberi manfaat antioksidan yang membantu melindungi dari sinar UV yang berbahaya. Ini juga akan membantu tubuh tetap terhidrasi di bawah sinar matahari musim panas. Kelima, daun mint. Mint adalah salah satu minuman musim panas yang paling menyegarkan. Dengan aroma yang unik, sensasi dingin dan kualitas obat lainnya, mint meningkatkan aliran empedu dari hati, untuk kantong empedu, ke usus kecil, di mana lemak makanan akan dipecah. (Zum/Nji)