SHARE
Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kanan) Foto: Akke Andhika

primaradio.co.id – Grab, platform aplikasi pemesanan kendaraan dan pembayaran mobile terkemuka di Asia Tenggara merayakan ulang tahunnya yang ke-3 di Surabaya pada Rabu (4/4).

Selain merayakan ulang tahunnya ke-3 di Surabaya, Grab juga memperkenalkan program untuk mitra pengemudi yang telah diluncurkan secara nasional pada awal tahun 2018, yaitu “Grab Lawan Opik!”. Menurut Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, program ini memanfaatkan sistem yang dapat mendeteksi berbagai aktivitas kecurangan, termasuk order fiktif ( opik ).

“Sejak Januari lalu, kami bekerjasama dengan kepolisian meluncurkan program Order Piktif , dimana program ini sangat diapresiasi mitra pengemudi dyang bekerja dengan baik danjujur, serta oleh penumpang juga, “ujar Ridzki saat konferensi pers di sela-sela perayaan ulang tahun ke-3 Grab di Surabaya yang di JX International Convention Exhibition Rabu(4/4).

Selain mengandalkan kecanggihan teknologi aplikasi, Grab juga berkomitmen untuk terus menjalankan misi utamanya yaitu menjaga keselamatan penumpang. karena itu Grab mewajibkan mitra pengemudi memenuhi SKCK dari kepolisian.

Sistem ini menggunakan algoritma machine learning yang canggih dan terus berkembang untuk mengidentifikasi serta melawan risiko/ancaman baru yang mungkin timbul. Ketika para peretas dan mitra pengemudi yang mencoba menipu sistem teridentifikasi, Grab akan berkolaborasi dengan pihak kepolisian untuk memecahkan operasi opik dan menangkap pelaku.

Saat ini Grab menyediakan layanan GrabCar, GrabBike, GrabTaxi, GrabExpress, GrabFood, dan GrabShare di Surabaya dan sekitaranya (yang mencakup Malang, Banyuwangi, Kediri, Jember, Blitar, Tulungagung, Pasuruan, Lamongan, Mojokerto, Ponorogo, Madura, Lumajang, Situbondo, Magetan, Pacitan, Trenggalek, Jombang, Nganjuk, Bondowoso, Ngawi, Bojonegoro, Probolinggo, Tuban dan Madiun) untuk memberikan solusi atas meningkatnya kebutuhan akan transportasi yang aman, terjangkau dan nyaman, serta pesan-antar makanan dan minuman.

Grab juga merupakan platform aplikasi pemesanan kendaraan dan pembayaran mobile dengan jangkauan terluas di Asia Tenggara, dengan jumlah unduhan aplikasi lebih dari 90 juta dan lebih dari 5 juta mitra pengemudi dan agen di seluruh Asia Tenggara di 195 kota di 8 negara, termasuk Indonesia. (*)