SHARE
Pageralan Seni Ludruk di KPU Surabaya (Foto: Beatrix Christiana)

primaradio.co.id – Dalam rangka menyongsong satu tahun Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 dan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menggelar Pagelaran Seni Budaya dengan Tema “Membangun Pemilih Berdaulat Guna Menyukseskan Pemilu Serentak 2019” pada Sabtu (21/4/2018) di kantor KPU Surabaya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan pagelaran seni budaya yang diangkat adalah kesenian Ludruk, yang merupakan kesenian khas Surabaya. Pagelaran dari Grup Ludruk bernama Luntas ini bercerita tentang “Misteri Jual Suara”.

Filosofi yang ingin disampaikan adalah bagaimana masyarakat menjadi pemilih yang berdaulat mandiri, memilih sesuai dengan hati nurani dan tidak terpengaruh oleh hoax, dan money politic., “kata Nur Syamsi kepada reporter Primaradio.

Masyarakat menurut Syamsi lebih mudah menerima pesan lewat pagelaran seni budaya. KPU Surabaya berharap pagelaran seni ini bisa menjadi stimulus agar masyarakat mau dengan sadar dan sukarela secara berdaulat menggunakan hak pilihnya.

Bagi masyarakat yang ingin berkontestasi juga jangan sampai mau membeli suara dari orang, begitu pula pemilih, diharapkan tidak membiarkan suaranya dibeli.

Pagelaran seni budaya dihadiri seluruh unsur terkait dengan pemilu, diantaranya Panwas,PPK dan PPS se-Surabaya, perwakilan partai peserta pemilu dan masyarakat.

Kemeriahan pagelaran seni Ludruk semakin lengkap karena panitia juga menyiapkan aneka undian berhadiah dan kejutan lainnya sepanjang acara berlangsung. (bee)