SHARE
Foto: Suasana arus balik di Stasiun Gubeng

primaradio.co.id – Menghadapi libur panjang (long weekend) pada minggu ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya melakukan langkah upaya antisipasi peningkatan jumlah penumpang kereta api (KA) yang melakukan keberangkatan dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya.

Dalam rilis yang diterima redaksi Primaradio menyebutkan beberapa langkah yang dilakukan ialah melakukan perpanjangan rangkaian KA dan mengoperasikan KA tambahan.

Berikut daftar KA yang mengalami perpanjangan rangkaian:
Sancaka Pagi (Surabaya Gubeng – Yogyakarta) jumlah seat reguler 490 seat, ada tambahan 80 seat ekonomi , sehinga total seat long weekend ialah 570 seat. Gajayana (Malang – Gambir) jumlah seat reguler 400 seat, ada tambahan 50 seat eksekutif, sehinga total seat long weekend ialah 450 seat. Sementara Jayabaya (Malang – Pasar Senen) jumlah seat reguler 640 seat, ada tambahan 80 seat ekonomi , sehinga total seat long weekend ialah 720 seat.

Di samping itu, PT KAI Daop 8 Surabaya juga mengoperasikan KA Sancaka Tambahan relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta dengan sususan rangkaian 8 KA eksekutif dengan total kapasitas 400 seat. KA Sancaka Tambahan ini beroperasi pada Sabtu, 31 Maret 2018 dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 18.15 WIB.

Selain di stasiun, masyarakat bisa melakukan pembelian tiket melalui website kai.id, aplikasi KAI Access, Contact Center 121, gerai Alfamart dan Indomaret, agen-agen mitra KAI, serta vending machine (mesin pemesanan tiket) yang ada di stasiun.

Dengan adanya perpanjangan rangkaian dan KA tambahan ini diharapkan dapat mengakomodasi mengoptimalkan pelayanan penumpang dan meningkatkan kepuasan para pengguna jasa kereta api, terutama pada masa long weekend ini. (*)