SHARE

primaradio.co.id – Konsumsi Pertalite di Jawa Timur pada masa liburan panjang Kenaikan Isa-Almasih dan Isra Mi’raj (5-8 Mei 2016) kemarin melonjak hingga 59% di atas rata-rata normal. Kenaikan terutama terjadi di kota-kota jalur wisata dan tujuan wisata.

Menurut Area Manager Communication & Relation Jatimbalinus, Heppy Wulansari mengatakan bahwa konsumsi Pertalite di Jawa Timur yang biasanya sekitar 991,7 KL per hari, meningkat tajam menjadi 1.577 KL per hari pada masa liburan kemarin. Pasalnya, kenaikan konsumsi ini diakibatkan tingginya aktivitas masyarakat dalam berpergian, sehingga kebutuhan transportasi untuk BBM juga meningkat.

Tercatat lokasi wisata yang mengalami kenaikan konsumsi tertinggi seperti Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kabupaten Batu) sebesar 54% dari konsumsi normal sebesar 33,2 KL per hari menjadi 51,2 KL per hari. Hal serupa juga terjadi di Pasuruan (Kodya Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan) yang meningkat hingga 79% dari konsumsi normal 15,7 KL per hari menjadi 28 KL per hari. Sedangkan di Kabupaten Banyuwangi juga meningkat 88% dari konsumsi normal 40,9 KL per hari menjadi 76,8 KL per hari.

Heppy juga menambahkan, selain Pertalite, kenaikan konsumsi BBM juga terjadi pada Pertamax sebesar 26% dibandingkan rata-rata normal. Sedangkan untuk konsumsi Premium dan Solar cenderung normal. Premium ada di kisaran 9.000 KL per hari dan Solar 5.036 KL per hari.(zum/nji)