SHARE

primaradio.co.id – Tubuh membutuhkan bahan bakar sebelum berolahraga agar mampu bergerak lebih banyak. Kue-kue manis, pizza, atau sampanye dua jam sebelum olahraga adalah beberapa hal yang lumrah di hindari. Berikut beberapa makanan sehat yang harus dihindari sebelum berolahraga.

Pertama, sayur berdaun hijau. Sementara diet yang kaya nutrisi dalam salad dan makanan veggie normalnya sangat luar biasa bagi kesehatan, sayuran hijau mentah seperti kale, bayam, dan brokoli, bisa sebabkan ketidaknyamanan ketika bergerak. Kedua, minuman olahraga. Minuman olahraga favorit bisa jadi memiliki sedikit nutrisi dan lebih banyak mengandung gula. Minuman olahraga menawarkan beberapa vitamin dan elektrolit, tapi tingginya kadar gula yang masuk sekejap ke dalam tubuh bisa sebabkan gangguan nantinya. Sebagai penggantinya, konsumsi minuman jus tomat yang dapat memberi tambahan potassium, meningkatkan tekanan darah sehat, dan menjaga tetap terhidrasi karena kadar sodium yang rendah.

Ketiga adalah makanan berbiji utuh. Makanan berbahan dasar biji utuh yang mengandung karbohidrat bersifat menahan air dan perut kembung. Makanan seperti ini memang memberi tambahan energi, tapi serat yang tinggi bisa memicu ketidaknyamanan perut. Mengonsumsi buah seperti pisang bisa menjadi solusi. Dan terakhir adalah menghindari makanan pedas. Pasti tidak ada yang ingin merasakan perut kram, dada panas karena asam lambung naik, akibat berolahraga setelah makan makanan pedas. Makanan pedas yang mengandung banyak bumbu butuh lebih banyak waktu untuk dicerna dan membuat lebih cepat ingin tidur daripada berolahraga. (Zum/Nji)