SHARE

primaradio.co.id – Keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan kesehatan haji pada tahun 2017 atau 1438 Hijriah, mendapat apresiasi khusus dari Arab Saudi. Dalam hal ini, pihak Kementerian Kesehatan Arab Saudi langsung memberi dua penghargaan kepada Menetri Kesehetan RI Nila Moeloek atas prestasi tersebut.

“Saya menyambut gembira dan terima kasih kepada PPIH Bidang kesehatan Arab Saudi dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) atas penghargaan dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi atas kegiatan pembinaan pelayanan dan perlindungan kesehatan jamaah haji Indonesia”, kata Menkes dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Penghargaan yang diterima Menkes ialah “Health Awareness Ambassador Program in Hajj Season 1438H for Indonesia Hajj Medical Mission 2017” yang sebelumnya telah diberikan oleh Kepala Program Kesadaran Kesehatan dalam Haji Muneera Khaled Balahmar kepada dr. Etik Retno Wiyati di gedung KKHI Mekkah pada akhir September lalu.

Sementara penghargaan yang kedua, yakni penghargaan atas keberhasilan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah dalam mendukung Program Kesehatan Haji tahun 1438 Hijriah yang sebelumnya diberikan Dirjen Pelayanan Kesehatan Daerah Mekkah dr. Musthafa bin Jamil Baljun kepada dr. Melzan selaku Kepala Seksi KKHI Mekkah di Auditorium RS Wiladah, Mekkah pada 26 September 2017.

Penghargaan ini diterima Indonesia mengingat sejumlah keberhasilan program penanganan kesehatan jamaah haji oleh KKHI, antara lain kegiatan promotif preventif oleh Tim Promotif Preventif, pelayanan kuratif di KKHI, dan pelayanan gerak cepat di lapangan.

Pada kesempatan yang sama, Menkes juga memberikan penghargaan kepada instansi dan perorangan yang telah secara aktif memberikan kontribusi bagi pembinaan dan penyelenggara layanan kesehatan haji tahun 2017.

Penghargaan dari Menteri Kesehatan diberikan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas II Padang, Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia, dan perwakilan panitia penyelenggara ibadah haji Arab Saudi bidang kesehatan yang telah berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan operasional kesehatan haji di Arab Saudi tahun 2017.

Penghargaan juga diberikan pada individu termasuk pewarta media massa Indonesia yang telah berpartisipasi aktif dalam menyosialisasikan berbagai informasi penting mengenai ibadah haji. (*)

sumber : antara