SHARE
Menristekdikti Resmikan Rumah Sakit Hewan Pendidikan Unair (Foto: Alfi Purnomo)

primaradio.co.id – Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof Mohammad Nasir Meresmikan Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga Surabaya, Rabu (10/7). Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga ini merupakan rumah sakit hewan pendidikan pertama di Indonesia.

Usai peresmian, Menristekdikti Mohammad Nasir mengatakan dengan diresmikannya rumah sakit hewan ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran kepada para dosen dan mahasiswa terkait peningkatan kompetensi pendidikan dan penelitian di bidang kesehatan hewan. Selain itu dirinya menyarakankan, Rumah sakit hewan pendidikan Universitas Airlangga tidak hanya untuk hewan peliharaan namun juga bisa untuk hewan-hewan yang akan dikonsumsi, sepeerti ayam, Sapi, dan kambing.

“Saran kedepan saya adalah tidak cukup hanya hewan peliharaan tapi juga binatang yang akan dikonsumsi orang, apakah sapi, kambing atau binatang lainnya. Harapannya supaya meningkatkan nilai tambah. Juga untuk menjaga kesahatan hewan yang akan dikonsumsi manusia jangan sampai terkena penyakit kuku dan penyakit mulut” Kata Menristekdikti Mohammad Nasir setelah meresmikan RSHP Universitas Airlangga, Rabu (11/7).

Rumah sakit hewan pendidikan Unair ini mempunyai berbagai fasilitas modern antara lain Unit Bedah Dan Radiologi, Unit Acupressure, Unit Stem Cell, Unit Konsultasi Pakan dan Kesehatan, Unit Laboratorium, Unit Hematologi, Unit Farmasi Klinis, Unit Rawat Inap dan Titip Sehat.

Selain itu terdapat beragam fasilitas pendukung yang modern seperti, Unit Kolam Renang Dan Hidro Teraphy, Unit Pelayanan Datang Ke Rumah (House Calling), Diagnosis Modern, Seperti USG, Serta Rontgen.

Berbagai layanan juga disediakan RS Hewan Pendidikan Unair yaitu Konsultasi kesehatan hewan, pemeriksaan untuk hewan sakit, pelayanan vaksinasi, pelayanan bedah minor dan mayor, radiologi, pemeriksaan darah serta grooming (mandi sehat). Rumah sakit buka Senin hingga Jumat mulai pukul 08.30-16.30 WIB. Serta hari Sabtu mulai pukul 09.00-13.00 WIB. (alf/bee)