SHARE

primaradio.co.id – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memastikan penerima bantuan sosial non tunai, baik penerima lama ataupun peserta baru bisa mencairkan dana bantuan pada 25 Januari 2018.

“Kita ingin pastikan per 25 Januari 2018 seluruh rekening sudah diisi sehingga awal Februari sudah bisa dicairkan,” kata Mensos di Bandarlampung, Selasa.

Seperti diketahui, Kemensos baru saja menambah penerima bansos non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dari enam juta menjadi 10 juta keluarga dan bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari 1,28 juta menjadi 10 juta keluarga penerima manfaat. Meski demikian, Mensos memastikan hal tersebut tidak akan menganggu proses pencairan.

Lebih lanjut Mensos menjelaskan tambahan empat juta Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) keluarga penerima manfaat PKH non tunai sudah mulai dilakukan proses personifikasi (perso) yaitu pencantuman data baik nama dan NIK peserta sudah dilakukan sejak 1 November 2017.

“Percetakan Negara RI (PNRI) maksimal sehari bisa melakukan perso 200 ribu kartu, kita harapkan selesai pada 20 November selesai lalu dibagikan. Jika ada nama atau NIK kurang lengkap bisa segera diperbaiki,” ujarnya.

Saat ini Kementerian Sosial terus berupaya menuntaskan pencairan bansos PKH tahap empat dan BPNT tahap enam tahun 2017 sehingga tuntas pada November.

“Karena itu kalau November ini kita pastikan tuntas maka Desember kita bisa lakukan `closing` data dan Februari 2018 insya Allah pencairan tahap pertama PKH di 2018 dimulai,” ujar Mensos Khofifah. (*)

sumber : antara