SHARE

primaradio.co.id – Kota Surabaya segera mewujudkan transportasi massal berupa Trem. Menhub Budi mengatakan dirinya bangga Surabaya mampu menghasilkan Detailed Engineering Design (DED) atau rancangan konstruksi proyek trem di Kota Surabaya. Apalagi DED ini merupakan hasil karya anak bangsa.

Menhub juga menjelaskan mengingat proyek Trem tidak didanai dari APBN, maka pemerintah memberikan kesempatan kepada pihak swasta untuk mendanai proyek trem melalui proses lelang.

“Saya sangat mengapresiasi persiapan yang dilakukan Pemkot Surabaya dan Dirjen Kereta Api, berupa persiapan DED yang membanggakan adalah design DED ini hasil karya anak bangsa. Kita memang punya banyak opsi untuk membangun trem. Dalam keadaan sekarang dimana APBN semakin terbatas, maka kita berniat menjadikan proyek trem ini sebagai proyek yang kita beli. Artinya, kita akan memberikan kesempatan kepada swasta, tidak terbatas swasta dalam negeri untuk turut serta dalam proyek ini. Informasi yang saya dapat dari Ibu Walikota, sudah ada swasta asing yang berminat,” kata Menhub Budi kepada reporter Primaradio.

Sementara itu Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, PT KAI melanjutkan kerjasama untuk proyek trem, dan dalam kerjasama ini PT KAI nantinya akan bertindak sebagai operator. Sementara itu ketika ditanya soal tender, Risma mengatakan masih perlu mengkaji beberapa hal yang dirasa penting. Oleh sebab itu, tim ahli nantinya akan bertemu dulu dengan tim dari Kemenhub kemudian melakukan sinkronisasi tender. (bee)