SHARE
Menteri Susi Luncurkan Kapal Bambu Milik ITS (Foto: Alfi Purnomo)

primaradio.co.id – Menteri Kelautan Dan Perikanan, Susi Pudjiastuti luncurkan kapal milik ITS yang berbahan bambu laminasi, yang merupakan kapal berbahan bambu pertama di dunia.

Peluncuran kapal berbahan bambu laminasi atau yang diberinama Kapal Baito Deling 001 ini digelar di Pantai Ria Surabaya, Senin (02/07) dan dibuka langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Setelah meluncurkan kapal ini, Menteri Susi langsung melakukan ujicoba dengan berkeliling di area sekitar dermaga. Susi Pudjiastuti mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan para mahasiswa ITS, dan dirinya berharap ITS dapat menjadikan kapal ini menjadi sebuah produk bukan hanya sekedar prototype.

“Saya pikir inovasi yang bagus dan kita harus coba pakai, sebuah pilihan saat hutan sudah habis, kayu tidak ada makin mahal dan nelayan kita memerlukan kapal kapal ukuran seperti ini, jadi sangat bagus,’Ungkap Susi.

Susi juga berharap ini terus di finalisasi menjadi sebuah produk, dan bukan hanya sekedar prototype trial tapi dicoba benar supaya bisa di aplikasikan dan diimplementasikan.

“Sebuah pilihan yang saya pikir kita perlukan dengan mahalnya kayu susahnya kayu untuk para nelayan. Indonesia mampu bikin seperti ini masa harus impor,’tambah Susi.

Kapal Baito Deling 001 sendiri memiliki ukuran panjang 6 meter, lebar 2,2 meter dan mampu menempuh kecepatan kapal 7 knot dan dapat menampung kapasitas 2 GT. Kapal ini juga memiliki beberapa kelebihan antara lain bahan dasar kapal yang mayoritas terbuat dari bambu diyakini mempunyai kekuatan hingga dua kali lipat kekuatannya dari kayu jati, selain itu penggunaan bambu juga dinilai lebih murah daripada kayu jati.

Selanjutnya diharapkan dengan adanya inovasi kapal berbahan bambu ini menjadi solusi mahal dan susahnya nelayan mencari kayu sebagai bahan dasar kapal. (alf/bee)