SHARE

primaradio.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti raih gelar kehormatan atas kontribusinya.

Susi Pudjiastuti meraih gelar kehormatan Doctor Honoris Causa di bidang manajemen dan konservasi sumber daya kelautan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). Gelar Ini adalah gelar Doctor Honoris Causa kedua bagi Menteri Susi setelah sebelumnya Universitas Diponegoro Semarang memberikan gelar yang sama di bidang pembangunan kelautan dan perikanan.

Selama ini Susi dikenal sangat aktif memberantas praktik illegal fishing agar laut Indonesia tetap menjadi milik rakyat Indonesia dan tidak dikuasai oleh negara lain. Bagi Susi, gelar Doctor Honoris Causa yang telah didapatkannya itu sangat penting untuk legitimasi pengambilan kebijakan.

 

“Untuk saya pribadi sebetulnya tidak memerlukan itu (gelar H.C). Tapi saya pikir, sebagai seorang profesional, dan cinta saya pada laut, dan pertanggungjawaban saya sebagai seorang pejabat negara, legitmasi ini sangat penting untuk meneruskan public policy yang dibuat oleh KKP untuk diteruskan dan dilaksanakan oleh bangsa kita,” kata Menteri susi.

Menteri Susi kembali juga menegaskan pentingnya kebijakannya selama ini terkait manajemen dalam mengelola laut Indonesia. “Karena ini satu-satunya yang bisa memastikan laut kita bisa menjadi masa depan bangsa kita,” tandasnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan ini dinilai berhasil menjamin keberlanjutan sumber daya perikanan dengan tidak eksploitatif dan merusak lingkungan. Kecintaannya dengan laut juga ingin ditularkan kepada seluruh rakyat Indonesia.

Menurutnya, laut harus dijaga kedaulatannya, dan keberlanjutannya demi masa depan bangsa. Susi juga berharap agar pemberian gelar ini dapat mendorongnya bekerja lebih baik lagi dalam menjalankan tugas sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. (ria)