SHARE
Surabaya Vaganza memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya ke-725

primaradio.co.id – Rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Surabaya ke-725 kembali digelar, Minggu Pagi (6/5) Pemerintah Kota Surabaya menggelar acara Surabaya Vaganza atau yang biasa disebut Parade Bunga dan Budaya. Surabaya Vaganza kali ini dibuka langsung oleh Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini bersama Ketua DPRD Kota Surabaya, Ir. Armuji dan juga Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan pada pukul 7.30 Wib.

Sejak pagi hari puluhan ribu warga Surabaya sudah memadati jalan-jalan yang digunakan sebagai rute parade Surabaya Vaganza ini, seperti lokasi start Jalan Pahlawan, Jalan Tunjungan di depan Hotel Majapahit hingga lokasi finish di Taman Bungkul.

Saat memberangkatkan rombongan Surabaya Vaganza Risma sapaan akrab Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga menghimbau warga Surabaya agar tidak mengenal kata menyerah dan tidak boleh gampang putus asa. Selain itu risma juga berpesan kepada seluruh warga Surabaya agar tetap menjaga kehidupan gotong royong yang ada.

“Mari kita bangun kehidupan gotong royong. Kita tingkatkan gotong royong kita. Meskipun kita kota metropolitan, tetap harus memegang kehidupan bergotong royong”, pesan Tri Rismaharini kepada warga Surabaya. lanjut dia, Surabaya sudah membuktikan dengan gotong royong, Surabaya bisa berprestasi bukan hanya di kanca nasional tapi juga tingkat Internasional.

Wali Kota Tri Rismaharini melepas peserta Surabaya Vaganza

Sementara itu, Rangkaian peserta Parade Surabaya Vaganza diawali oleh Tim Pasukan Paskibraka Kota Surabaya dengan membawa bendera Merah Putih. Dan dilanjutkan oleh tim drum band dari SMP Negeri 1 Surabaya yang sempat menjadi juara nasional.

Total sebanyak 83 peserta yang meramaikan parade Surabaya Vaganza tahun ini terdiri dari 41 mobil hias, dan 42 pawai budaya. Para peserta berasal dari berbagai kalangan, mulai dari Instansi Pemerintah Kota Surabaya, Perusahaan Swasta, Perguruan Tinggi, Sekolah, hingga Komunitas yang berasal dari Surabaya maupun luar Surabaya. Dalam Surabaya Vaganza kali ini juga melibatkan beberapa komunitas luar daerah diantaranya dari nias, Sumatra barat, mahasiswa lampung, dari banjar, kab. Bogor, papua, ada juga konsulat jepang, india, NTT.

Selepas memberangkatkan peserta parade, Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini langsung bergegas menuju Garis Finish di Taman Bungkul karena sudah ditunggu para tamu dari UNICEF yang merupakan para Walikota dari beberapa negera di Asia Pasifik seperti Walikota Yangon Myanmar, Gunsan Korea, Bangkok Thailand, Da Nang Vietnam, dan juga beberapa walikota dari Indonesia.

Melihat semakin meriahnya acara Surabaya Vaganza dari tahun ke tahun masyarakat Surabaya berharap acara seperti ini rutin digelar dan dibuat lebih meriah setiap tahunnya. Hal serupa seperti yang diungkapkan Iis Nurjanah warga Tandes Surabaya, “acara ini baik dan sangat menarik. Harapan kedepannya acaralah lebih diperbagus lagi dan diperbanyak lagi pesertanya”. (*)