SHARE

primaradio.co.id – Mulai Rabu (17/2/2016), PT KAI tak lagi menyediakan layanan bus gratis bagi penumpang KA yang terdampak banjir Porong, Sidoarjo. Baik penumpang KA Komuter maupun KA lain tujuan Malang dan Banyuwangi bisa beralih ke moda transportasi lain dengan biaya sendiri.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, mengatakan bahwa sampai hari ini, manajemen PT KAI Daop 8 telah mengerahkan 43 bus sebagai bentuk layanan bagi penumpang KA terdampak banjir Porong. Setiap penumpang KA berhak atas tumpangan bus menuju stasiun tujuan. Selain itu bus itu juga untuk penumpang yang melanjutkan perjalanan dengan KA lain. Sebab, KA tak bisa melintas di jalur rel Porong yang kebanjiran. Hingga Selasa sore (16/2/2016) ketinggian air masih sekitar 45 cm di atas rel. Banjir tersebut menenggelamkan jalur rel di KM 32+5 s/d 33+2 antara Stasiun Porong – Stasiun Tanggulangin.

Suprapto juga menambahkan, selama banjir, Daop 8 memberlaukan layanan over stapend (pengalihan sebagian perjalanan dengan menggunakan bus).
Namun mulai Rabu,17 Februari 2016 akan ditiadakan. Mengingat pengerahan bus juga perlu biaya yang tidak sedikit.