SHARE

primaradio.co.id – Setelah hampir 3.000 tahun setelah pemerintahannya berakhir, sebuah patung Firaun Ramses II berukuran raksasa ditemukan di Kairo. Patung yang memiliki tinggi tak kurang dri delapan meter ini ditemukan di area berlumpur di kota Kairo.

Penemuan ini jelas sangat berharga, mengingat Firaun Ramses II atau juga dikenal dengan nama Ozymandis ini merupakan pemimpin besar dalam peradaban Mesir Kuno yang sangat terkenal. Sementara itu, lokasi penemuan patung Firaun memang di area kumuh yang tidak terawat. Namun diyakini, area tersebut dulunya merupakan wilayah Kuil Matahari yang didirikan oleh Ozymandis, sehingga wajar patung besarnya ditemukan di area tersebut.

Sekelompok arkeolog Mesir dan Jerman belum lama ini menggali area ini untuk mengambil potongan-potongan patung Firaun Ramses II tersebut. Mereka sangat yakin bahwa itu adalah patung dari Firaun Ramses II sendiri sebab memang lokasi ditemukannya patung itu berada pada Kuli Matahari miliknya.

Dari penggalian tersebut, ditemukan sejumlah potongan patung, diantaranya adalah potongan bagian kepala, dada, mata kanan, dan telinga kiri.

Menurut Dr. Aymen Ashmawy, perwakilan dari Kementerian Barang Antik, penemuan ini jelas sangat penting karena mengonfirmasi ukuran dari Kuil Matahari milik Firaun Ramses II. Ukuran kuil itu tentu merupakan penggambaran dari kekuatan dan kekuasaan sang firaun sendiri.

Firaun Ramses II memerintah pada tahun 1279 hingga 1213 sebelum masehi. Ketika meninggal pada usia kurang lebih 90-an, ia dimakamkan pada Lembah Raja-raja. Mumi dari Firaun Ramses II sendiri saat ini berada di Egyptian Museum, Kairo. (joe)

Sumber Tribunnews