SHARE

primaradio.co.id – Pemerintah sedang mempersiapkan aturan teknis mengenai gaji tambahan pegawai negeri sipil (PNS). Gaji tersebut antara lain gaji ke-13 dan tunjangan hari raya (THR), atau yang sering disebut dengan gaji ke-14.

Menurut Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Gaji dan Tunjangan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Hidayah Azmi Nasution mengatakan bahwa rancangan PP tentang Pemberian THR Tahun Anggaran 2016 dan RPP tentang Pemberian Gaji Ke-13 sedang dalam proses harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM. Setelah harmonisasi baru dikembalikan ke Kemenpan- RB untuk kemudian diajukan ke Presiden. Dalam rancangan PP tersebut tertulis, pemberian THR dan gaji ke-13 akan dibayarkan pada Bulan Juli 2016.

Hidayah juga menambahkan, THR merupakan pengganti dari kenaikan gaji PNS setiap tahunnya. Namun besaran THR lebih kecil dari gaji ke-13, yakni satu kali gaji pokok. Sedangkan untuk gaji ke- 13 meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan lain, seperti penghasilan PNS yang biasa diterima setiap bulan. (Zum/Nji)